KalimantanKalimantan Timur

Labuan Cermin : Danau Indah di Berau Kalimantan Timur Tak Terlupakan

Labuan Cermin – Indonesia merupakan sebuah negara yang cukup terkenal memiliki potensi wisata yang cukup banyak. mulai dari sabang sampai merauke memiliki banyak destinasi wisata yang cukup bisa diandalkan. Salah satu pulau yang cukup terkenal memiliki pesona keindahan alamnya adalah Kalimantan. Meskipun di wilayah Kalimantan terdiri dari banyak hutan dan sungai sungainya, namun siapa sangka jika di sini anda bisa menjumpai banyak objek wisata alam yang cukup terkenal.

Salah satu objek wisata yang banyak menyita perhatian para wisatawan adalah danau labuan cermin yang berlokasi di desa labuan kelmabu, biduk-biduk, kalimantan timur. Meskipun untuk menuju objek wisata ini para pengunjung harus melakukan perjalan kurang lebih sekitar 6 jam dari kabupaten berau namun kelelahan selama perjalanan akan terbayar lunas setelah melihat keindahan danau tersebut.

Wisata Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Danau labuan cermin memang cukup terkenal memiliki air yang cukup jernih sehingga setiap mata yang memadang kearah danau akan merasa takjub akan ciptaan tuhan ini. para pengunjung yang datang bisa melakukan berbagai kegiatan disini seperti snorkling, berenang atau sekedar bersantai menikmati keindahan alam sekitar danau.

Bagi para pengunjung yang ingin sekedar bersantai, dipinggiran danau terdapat banyak pepohonan yang cukup rindang untuk berteduh, semelir angin yang menerpa membuat siapa saja yang berada disana terbuai dan enggan beranjak dari tempat duduk.

Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Snorkling di Labuan Cermin

Namun bagi para wisatawan yang ingin mencoba snorkling bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah, akan tetapi bagi yang tidak membawa perlengkapan disekitar danau terdapat tempat penyewaan alat-alat snorkling. degan kondisi air danau yang cukup jernih memungkinkan para pengunjung untuk bisa melihat pemandangan hingga ke dasar danau yang berupa pasir laut yang halus, itulah mengapa danau ini kemudian diberi nama sebagai danau labuan cermin.

Danau Unik Dengan Dua Rasa

Di danau labuan cermin ini terdapat 2 jenis air yang bisa dirasakan slah satu sisi memiliki air yang berasa asin namun di sisi lain memiliki rasa yang tawar. dengan keadaan tersebut maka masyarakat sekitar menamai danau ini sebagai danau dua rasa karena memang memiliki 2 rasa yang tak bisa ditemukan ditempat lain.

Para pecinta snorkling tentu sangat menyukai objek wisata ini, pasalnya didalam danau anda akan melihat berbagai jenis ikan yang hidup diantara dua jenis air, ikan-ikan tersebut akan memisahkan diri ketika berada diwilayah dengan air yang berbeda rasa.

Dengan cara itulah anda bisa melihat dan membedakan antara kedua jenis ikan-ikan yang ada didanau tersebut, antara ikan laut dan ikan tawar. pemandangan itu tentu tak bisa ditemukan didaerah lain, oleh sebab itu danau labuan cermin menjadi sebuah surga bagi para pecinta snorkling. selain dapat melihat ikan-ikan berbagai jenis anda juga bisa melihat beberapa satwa yang hidup didanau tersebut seperti penyu dan hewan air lainnya.

Saat para pengunjung melihat ke dasar danau yang jernih nampak sangat dangkal, namun pada kenyataanya danau tersebut cukup dalam, menurut masyarakat setempat danau labuan cermin memiliki kedalaman kurang lebih sekitar 5 meter. jadi bagi anda yang tidak memiliki kemampuan berenang cukup baik sebaiknya tidak perlu mencoba untuk berenang karena cukup berbahaya.

Di sekeliling danau terdapat banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk berinstirahat sambil melepas penat akibat rutinitas harian, pemandangan alam yang begitu asri dan masih alami membuat suasana tampak tenang dan damai. Objek wisata danau labuan cermin sangat cocok untuk dikunjungi seluruh anggota keluarga untuk mengisi waktu libur.

Menjadi Kawasan Konservasi

Kini danau labuan cermin telah ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai kawasan konservasi, hal itu bertujuan untuk tetap melestarikan alam dimana wilayah kalimantan menjadi salah satu paru-paru dunia yang harus terus di jaga demi kelangsungan hidup bersama. di kawasan wisata ini juga telah dilengkapi dengan beberapa sarana penunjang yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Disekitar danau labuah cermin terdapat beberapa tempat penyewaan ban maupun alat-alat snorkling, jadi para wisatawan yang ingin bersantai maupun melakukan snorkling tidak perlu bingung untuk mencari alat-alat tersebut karena telah disediakan dengan biaya sewa yang relatif murah.

Penginapan di Labuan Cermin Berau

Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan danau labuhan cermin disediakan beberapa tempat menginap disekitar biduk-biduk dengan harga yang cukup terjangkau per malamnya mulai dari Rp.100.000 hingga Rp.300.000/ malamnya.

Saat menjelang liburan tiba segera agendakan untuk berkunjung ke danau labuah cermin ini, jika anda datang dari kalimantan bisa menggunakan angkutan pesawat menuju ke bandara kalimaru, Kota Berau. kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan travel yang akan langsung mengantar anda ke objek wisata danau labuah cermin.

Lokasi Danau Labuan Cermin Derawan

Untuk menuju ke objek wisata danau labuan cermin ini, para pengunjung harus menggunakan kapal penyeberangan yang telah disediakan didermaga dengan biaya sekitar Rp.200.000 untuk perjalanan pulang dan pergi, untuk berhemat anda bisa melakukan perjalanan secara berombongan untuk menimalisir biaya yang akan dikeluarkan.

Meskipun perjalanan dari kota berahu menuju lokasi wisata terbilang cukup jauh namun disepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan hamparan pepohonan sawit serta pantai lengkap dengan pari putihnya yang memukau. Tentu perjalanan yang cukup panjang tak akan terlalu dirasa dengan melihat pemandangan di sepanjang perjalanan yang begitu indah.

Berwisata tentu tak lengkap jika tak diabadikan dalam bentuk sebuah foto, di sepanjang perjalanan anda bisa membidik setiap foto yang menarik untuk dijadikan kenang-kenangan, terlebih ketika sampai di danau labuhan crmin. banyak spot foto yang menarik bisa anda ambil.

Banyak orang yang menganggap bahwa keindahan danau labuhan cermin merupakan sebuah rekayasa semata, namun bagi mereka yang pernah datang berkunjung ke danau ini tentu akan membantah keras pernyataan tersebut karena keindahan danau labuhan cermin merupakan sebuah kenyataan yang tak terbantahkan.

Pantai Teluk Sulaiman

Tak jauh dari lokasi danau labuhan cermin terdapat sebuah pantai yang cukup menarik minat wisatawan untuk datang, pantai tersebut biasa disebut dengan pantai teluk sulaiman. jadi para wisatawan yang datang ke danau labuhan cermin biasaya akan menyempatkan diri untuk datang ke pantai tersebut. Pantai teluk sulaiman menjadi tujuan wisata kedua setelah danau labuah cermin.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang di tambah dengan ombak yang cukup bersahabat serta airnya yang begitu jernih seperti kaca. pantai teluk sulaiman juga memiliki pesona alam yang tak kalah dari danau labuhan cermin.

Tempat wisata danau labuhan cermin Kalimantan Timut ini biasanya buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 19.00. Bagi anda yang ingin melihat pemandangan secara maksimal usahakan untuk datang lebih pagi, karena udara disekitar danau masih terasa sejuk alami. Bagi anda yang pertama kali datang ke kalimantan dan ingin mengunjungi objek wisata danau labuah cermin dan pantai sulaiman sebagainya menggunakan jasa pemandu yang akan memandu anda selama dalam perjalanan wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *